Inilah pertolongan pertama saat darah tinggi kambuh yang bisa anda lakukan sehingga hal buruk yang mungkin saja terjadi bisa dihindari.

Darah tinggi atau yang dalam dunia medis disebut dengan istilah hipertensi adalah gangguan pada sistem peredaran darah kita yang menyebabkan tekanan darah meningkat melebihi batas atas tekanan darah normal yakni diatas 140/90mmhg.

Meningkatnya tekanan darah ( hipertensi ) merupakan hal yang tidak boleh dianggap biasa mengingat hal tersebut merupakan sebuah signal ancaman serius bagi anda.

Bahkan darah tinggi bisa dibilang sebagai silent killer yakni penyakit yang diam-diam mengancam jiwa.

Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat tekanan darah tinggi bisa merembet ke jantung, otak dan ginjal jika tidak dikontrol dengan baik.

Itulah sebabnyak mengapa orang dengan tekanan darah tinggi lebih rentang dan beresiko terkena serangan jantung dan stroke.

Dimana kedua penyakit tersebut merupakan penyakit mematikan.

Celakanya tekanan dari tinggi tidak memiliki ciri atau gejala sehingga untuk mewaspadai penderita harus melakukan cek tekanan darah ( tensi ) secara rutin.

Akan tetapi jika darah tinggi yang diderita sudah sampai level berat yakni diderita selama bertahun-tahun barulah bisanya penderita akan merasakan beberapa gejala berupa : sakit kepala parah, pusing, sesak nafas, berkeringat, mimisan, tubuh kaku, merasa tegang, dan tiba-tiba lemas pada saat kambuh.

Pertolongan Pertama Saat Darah Tinggi Kambuh

Pertolongan Pertama Saat Darah Tinggi KambuhBagi anda penderita darah tinggi berat, maka ada beberapa hal yang bisa anda lakukan sebagai pertolongan pertama saat darah tinggi kambuh yang ditandai dengan timbulnya beberapa ciri tekanan darah tinggi diatas, yakni :

Hal pertama dan yang paling utama pada saat darah tinggi kambuh adalah tenangkan diri anda utamanya pikiran anda mengingat pikiran perlu ditenangkan karena kontrol tubuh berada di otak.

Tujuan utama dari menenangkan diri adalah agar gangguan yang terjadi tidak mempengaruhi bagian tubuh lain.

Hal yang bisa anda lakukan untuk menenangkan diri adalah tariklah nafas dalam-dalam dan embuskan secara perahan melalui mulut.

Jika anda merasa sudah mulai tenang maka barulah lakukan beberapa hal lainnya seperti :

  • Jika berada di lingkungan yang membuat stres, beranjaklah dari situ. Pergilah ke lingkungan yang lebih membuat lebih rileks seperti taman atau kebun yang tidak bising.
  • Jika hidung berdarah, letakkan air dingin (atau es batu) di dahi untuk menghentikan mimisan.
  • Konsumsi minuman yang mengandung kadar kalium tinggi untuk mengimbangi tingginya kadar natrium di tubuh, agar tekanan darah menurun. Misalnya, jus buah tanpa garam.
  • Konsumsi obat herbal darah tinggi

Namun jika tekanan darah tinggi yang anda atau orang terdekat anda derita mencapai angka 200 maka segera larikan kerumah sakiat atau pusat kesehatan terdekat guna mendapatkan penanganan dan pengobatan yang cepat dan tepat untuk mencegah timbulnya bahaya darah tinggi.

Dan untuk mencegah penyakit darah tinggi yang anda derita kambuh maka anda bisa melakukan beberapa hal sebagai pencegahannya, yakni :

  1. Makanlah makanan yang sehat, seimbang, dan kurangi asupan garam.
  2. Kurangi berat badan jika Ibu kegemukan/obesitas
  3. Minum air putih yang banyak setiap hari
  4. Olahraga setidaknya 2,5 jam setiap minggu.
  5. Hindari makanan penyebab darah tinggi

Demikianlah informasi tentang pertolongan pertama saat darah tinggi kambuh ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda.

Baca Juga : Bahaya Darah Tinggi Saat Hamil

Terima kasih sudah menyimak dan jangan lupa bagikan jikan anda rasa artikel sederhana ini bermanfaat !